Model
AIDA adalah salah satu model hirarki respon yang cukup popular bagi pemasar
sebagai pedoman dalam melaksanakan kegiatan pemasaran. Menurut model ini, alat
promosi harus menarik perhatian, mendapatkan dan mendorong minat, membangkitkan
keinginan, dan menghasilkan tindakan. Dalam membangun program komunikasi yang
efektif, aspek terpenting adalah memahami proses terjadinya respon dari
konsumen, misalnya dalam hal konsumen melakukan pembelian suatu produk, maka
diperlukan pemahaman mengenai usaha promosi yang dapat mempengaruhi respon
konsumen tersebut (Belch 1995:163 dalam Nurbenny 2005:38).
Teori
keputusan pembelian dalm model AIDA dijelaskan dalam empat tahap sebagai
berikut :
• Tahap Menaruh Perhatian (Attention)
• Tahap Ketertarikan (Interest)
• Tahap Berhasrat/Berniat (Desire )
• Tahap Memutuskan untuk aksi beli (Action)
• Tahap Menaruh Perhatian (Attention)
• Tahap Ketertarikan (Interest)
• Tahap Berhasrat/Berniat (Desire )
• Tahap Memutuskan untuk aksi beli (Action)
http://tutorialkuliah.blogspot.com/2009/11/teori-keputusan-pembelian-aida.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar